Pentingnya Menerapkan Psikologi Pendidikan disekolah

Dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa di berbagai aspek kehidupan manusia, maka salah satu alat untuk mencapai tujuan tersebut ialah pendidikn. Melalui kegiatan pendidikan di lembaga formal, non formal, informal dan non formal pndidikan, pengajaran, pelatihan, dan bimbingan dari pendidik dalam mentransfer nilai-nilai kepada peserta didik.
Pendidikan sebagai alat untuk mencerdaskan peserta didik dan kehidupan bangsa tidak sekedar dilakukan begitu saja oleh pendidik tau orang dewasa lainnya di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat melainkan dilakukan secara sadar dan terencana dengan menerapkan kaidah dan prinsip-prinsip psikologi dalam mendidik peserta didik. Oleh karena itu pengetahuan tentang psikologis dalam pendidikan harus diketahui, dipahami, dan diterapkan oleh para pendidik dan orang dewasa lainnya dalam proses mendidik peserta didik.
Psikologi pendidikan adalah cabang dari ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan[1]. Studi mengenai proses pembelajaran, baik dari sudut pandang kognitif maupun perilaku, mengijinkan ilmuwan untuk memahami perbedaan individu dalam hal intelegensi, perkembangan kognitif, afek, motivasi, regulasi diri, konsep diri, serta peranannya dalam proses belajar. Bidang psikologi pendidikan banyak mengandalkan pengujian dan pengukuran dengan metode kuantitatif, untuk meningkatkan aktivitas pendidikan seperti desain pemberian instruks, manajemen kelas, dan asesmen, yang bertujuan untuk memfasilitasi proses pembelajaran dalam berbagai setting pendidikan sepanjang hidup.[2]
Bidang dalam psikologi pendidikan meliputi studi tentang memori, proses konseptual, dan perbedaan individu (melalui psikologi kognitif) dalam mengonseptualisasikan strategi baru mengenai proses belajar pada manusia. Psikologi pendidikan telah dibangun atas dasar teori operant conditioning, functionalism, structuralism, constructivism, psikologi humanistik, psikologi Gestalt, dan pemrosesan informasi.[2]

  • Peran psikologi dalam pendidikan.
Dengan pesatnya perkembangan teknologi dari ilmu pengetahuan, maka perubahan-perubahan pesat juga terjadi dalm dunia pendidikan. Kurikulum sering di refisi dan pengembangan tujuan pendidikan sering mengalami perubahan perumusan. Dalam kenyataan banyak dimana sekolah-sekolah masih mengutamakan penguasaan mata pelajaran. Dari kenyataan tersebut maka sudah tiba saatnya dimana sekarang ini pendidikan hendaknya lebih melayani kebutuhan psikologis anak. Psikologi pendidikan berusaha untuk mewujudkan tindakan psikologis yang tepat dalam interaksi antar setiap faktor pendidikan. Karena itu, pengetahuan tentang psikologi pendidikan seharunya menjadi kebutuhan bagi para pendidik, bahkan bagi tiap orang yang menyadari peranannya sebagai pendidik. Berdasarkan uraian di atas pengetahuan psikologis tentang anak didik menjadi hal yang sangat penting dalam pendidikan.
Guru dalam menjalankan perannya sebagai pembiming, pendidik dan pelatih bagi para peseta didiknya, tentunya dituntut memahami tentang berbagai aspek perilaku dirinya maupun perilaku orang-orang yang terkait dengan tugasnya, terutama peilaku peserta didik dengan segala aspeknya, sehingga dapat menjalankan tugas dan perannya secara efektif, yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi pencapain tujuan pendidikan di sekolah.
Disinilah arti penting Psikologi Pendidikan bagi guru. Penguasaan guru tentang psikologi pendidikan merupkan salah satu kompetensi yang harus dikuasai guru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mata Pelajaran Pendukung

Angket Kebutuhan Peserta Didik (AKPD)

Motivasi Belajar